HARI KARTINI

Hari Kartini adalah salah satu perayaan besar bagi masyarakat indonesia terutama bagi kaum Wamita di Indonesia. Hari Kartini ini jatuh pada tanggal 21 April yang tepatnya adalag tanggal kelahiran RA Kartini. Sedangkan Hari Kartini ini sendiri adalah untuk memperingati jasa –  jasa RA Kartini yang udah berjuang untuk mengingkatkan derajat wanita di Indonesia.

Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, Lahir di Jepara, 21 April 1879 – Rembang, 17 September 1904). Beliau  adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Beliau bersi keras buat meningkatkan derajat kaum wanita Indonesia, dan menentang keras untuk membeda – bedakan hak diantara laki – laki dan perempuan.

Kartini terlahir sebagai keluarga ningrat. Beliau adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Sedangkan Kartini adalah anak perempuan tertua di keluarganya. Sampai Kartini berusia 12 tahun beliau dibolehkan untuk sekolah di ELS (Europese Lagere School). Tetapi setelah berusia 12 tahun beliau harus pulang ke rumah karena sudah bisa untuk dipingit. Pada tanggal tanggal 12 November 1903 Kartini menikah dengan bupati Rembang, Raden Adipati Joyodiningrat. Berkat perjuangan Kartini akhirnya dapat didirikan sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912.

Akhirnya Presiden Soekarno memutuskan untuk mencamtumkan tanggal 21 April sebagai hari pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.