Ini datang agak terlambat tetapi dengan teknologi masa kini, tidak ada yang tetap rahasia setelah data disimpan.

Pat Cruz, Shaun Evaristo’s Fellow seorang Koreografer, baru-baru ini meluncurkan sebuah omelan terhadap boyband korea, SHINee untuk mencuri  gerakan tarian. Dia mengungkapkan tarian cheoreography yang digunakan untuk SHINee Just Dance, show mereka di Festival Lagu KBS bulan Desember lalu, diambil dari Pomona WOD video.

ini isi pesannya :

Ini sangat menarik. Temanku, Sam, dari North Carolina, memberitahukanku sesuatu yg menarik perhatianku. Video ini adalah video dari sebuah penampilan boyband asal Korea yg melakukan koreografidisturbiaku untuk lagu Lady Gaga, yg berjudul Just Dance. Mungkin ini diambil dari WOD Pomona video milik kami.Kamu bisa melihatnya dalam video tsb, yg dimulai sekitar pada menit ke-3.

Haal yg berputar di pikiranku sekarang adalah, bagaimana bisa koreografernya membanggakan hasil karya yg jelas2 dia ambil dari orang lain? Maksudku,selamat kamu sudah berhasil mengkopinya sama persis, tapi aku yakin kamu melakukannya. Aku akan memperkarakannya bila ada cara yg lebih mudah untuk mempelajarinya lewat Youtube. Kalau dia memang menyukaia koreografiku, kenapa tidak mengambilnya dari lagu aslinya saja. Karena banyak sekali gerakan yg hamper sama dengan gerakan di lagunya. Sekarang, koreografi tersebut jadi tidak berharga. Semuanya sudah hancur. Dari pakaian para artisnya, sepertinya mereka punya banyak dana untuk artis tsb, kenapa tidak memintaku secara langsung saja untuk membuatkan koreografi untuk mereka Aku akan lebih bahagia dan karena aku bekerja pada nama artis yg tidak terlalu besar, aku akan mematok bayaran yg lebih murah. Dari yg lainnya.Akhirnya, aku hanya bisa berkata, kalau aku tidak akan mendapatkan kompensasi atas hal ini. Ini hanya membuatku berpikir, kalau betapa mereka bisa melakukan hal ini, mengambil usaha, dan kerja keras orang lain. Kami hanyalah ikan kecil yg pasti kalah dengan label seperti mereka, jadi kami tidak bisa melakukan hal apapun atas hal ini. Terima kasih Tuhan untuk bakat yg kau berikan ini dan terima kasih untuk Movement Lifestyle…

dimulai dari menit ke 3:00

ni pndapat pribadi gw *yg mungkin dah bisa kalian lyat di komen . Gw ga nuduh SHINee palgiat , judul na di buat sesuai argumen si koreografer . Itu acara , acara bebas . Dimana mereka melakukan Cover . .  inget “Cover” – meniru bukan menjiplak , kalau mereka menjiplak , sudah pasti mereka  udah bikin hak cipta atas dance itu . Tapi disini mereka meng cover . Menurut gw , koregrafer itu aja yg aga berlebihan , dan ga lyat Sikon ngomong na . Gw rasa SM juga gabakal ngebiarin artis nya pkagiat”an . yeah . . it’s all depend on ur mind guys . SHINee masekali ga salah.